Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barisan Nasional Unggul Sementara

Kompas.com - 06/05/2013, 02:54 WIB

Kuala Lumpur, Kompas - Koalisi partai berkuasa di Malaysia, Barisan Nasional, unggul sementara dalam perolehan kursi di parlemen federal. Hingga berita ini diturunkan pukul 23.00, BN meraih 54 kursi, sedangkan koalisi oposisi Pakatan Rakyat meraih 30 kursi.

Demikian dilaporkan wartawan Kompas, Simon Saragih, dari Kuala Lumpur, Minggu (5/5). Total kursi parlemen pusat atau federal sebanyak 222 kursi. Diperlukan 112 kursi bagi koalisi untuk membentuk pemerintahan.

Pimpinan koalisi Pakatan Rakyat, Anwar Ibrahim, belum bersedia memberi pernyataan pers sebelum pengumuman final hasil pemilu Malaysia dari Suruhanjaya Pilihan Raya (Komisi Pemilu) atas hasil pemilu yang berlangsung pada Minggu.

Diperkirakan, hasil perolehan kursi berlangsung ketat. Kuat dugaan, meski Barisan Nasional (BN) menang, komposisi kursi di parlemen pusat berubah total dari komposisi hasil Pemilu 2008. Saat itu, Pakatan Rakyat hanya berhasil meraih 75 kursi.

Meski masih kalah dalam hasil sementara untuk parlemen federal, Pakatan Rakyat dinyatakan keluar sebagai pemenang pada parlemen di empat negara bagian, yakni Perak, Penang, Selangor, dan Kelantan.

Pemilu (Pilihan Raya Umum/PRU) Ke-13 Malaysia kali ini mencatat rekor. Sebanyak 12.992.661 pemilih dari total sekitar 13,9 juta pemilih terdaftar atau sekitar 80 persen menggunakan hak pilih. Jumlah ini lebih tinggi dari rekor 78,9 persen yang tercatat pada Pemilu 1964. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi Pemilu Malaysia Wan Ahmad Wan Omar kepada kantor berita Malaysia, Bernama.

Tidak sedikit warga yang kembali ke daerah asal, termasuk mereka yang bertugas di luar negeri, hanya untuk PRU Ke-13.

Saat pemungutan suara berlangsung, jalanan di Kuala Lumpur dan daerah pinggiran lengang. Warga mendatangi 8.425 tempat pemungutan suara (TPS) dengan total 25.337 bilik pencoblosan. Pemilu dimulai pukul 08.00 dan ditutup pada pukul 17.00 waktu setempat.

Hujan yang sempat mengguyur wilayah Kuala Lumpur dan sekitarnya pada siang hari tak menghalangi warga untuk menunaikan tanggung jawab sebagai warga Malaysia. Saat ini, jumlah penduduk Malaysia sekitar 28,9 juta jiwa.

Anwar mencoblos di Pematang Pauh, Penang, pada pagi hari, lalu kembali ke kawasan permukiman elite Damansara di pinggiran Kuala Lumpur pada sore hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com