Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PRT Asal Indonesia Digemari di Kanada

Kompas.com - 05/05/2013, 11:56 WIB

TORONTO, KOMPAS.com — Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari kalangan pembantu rumah tangga dan pekerja perkebunan mulai menyerbu Kanada. Permintaan terus meningkat dan cukup besar dari warga Muslim di Provinsi Toronto.

Kepala Konjen RI Julang Pujianto mengatakan, awalnya, banyak warga Hongkong dan Taiwan yang pindah ke Toronto. Mereka juga membawa pembantunya yang WNI.

"Di kemudian hari, PRT Indonesia itu pindah ke majikan yang lain di Toronto. Mulailah mereka merekrut teman-temannya yang sudah kerja di Hongkong, Taiwan, maupun yang masih di Indonesia untuk bekerja di Toronto atau provinsi lainnya di Kanada," kata Pujianto di Toronto, Minggu (5/5/2013).

Menurut Konjen, di Kanada para pembantu rumah tangga bisa pindah ke majikan lain. Hal ini berbeda dengan peraturan di negara lain seperti di Malaysia, Singapura, Hongkong, dan Taiwan.

Selain pembantu, pekerja perkebunan WNI juga semakin membanjiri pasar tenaga kerja di Kanada. "Sama dengan PRT, majikan di Kanada sangat suka dengan pekerja WNI yang dikenal sebagai pekerja yang sopan, rajin, dan ulet serta patuh pada majikan dan aturan.

Jadi, peluang lapangan kerja bagi TKI di Kanada sangat besar. Dari tahun ke tahun semakin meningkat jumlahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com