Kompas.com - 04/05/2013, 23:49 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com - Jasad 62 warga ditemukan di kawasan Suni kota Banias, Suriah. Demikian pernyataan Organisasi Pemantau HAM Suriah, Sabtu (4/5/2013).

"Jasad puluhan warga yang dibunuh pada Jumat (3/5/2013), selama serangan angkatan darat Suriah di kawasan Suni di kota Banias ditemukan pada Sabtu," kata lembaga itu.

"Kami sudah mengidentifikasi nama, foto, atau video ke-62 jenazah. Terdapat 14 anak-anak di antara korban tewas itu. Jumlah korban tewas bisa meningkat karena puluhan warga masih hilang," lanjut organisasi yang berbasis di London itu.

Pembunuhan masal ini adalah pembantaian kedua yang dilaporkan terjadi di Banias sepanjang pekan ini.

Pada Kamis (2/5/2013), setidaknya 50 orang tewas di sebuah desa Suni di Bayda, pesisir selatan Banias.

"Sejumlah saksi mata mengatakan sedikitnya 50 warga sipil tewas, termasuk perempuan dan an ak-anak," tambah lembaga pengamat itu.

"Beberapa orang benar-benar diekseskusi. Mereka ditembak mati, ditusuk atau dibakar hidup-hidup," ujar laporan itu.

Setelah pembantaian itu, yang dikabarkan terjadi pada Jumat (3/5/2013), pasukan rezim Bashar Al-Assad mulai membombardir Banias yang menyebabkan warga meninggalkan kota itu.

"Ratusan keluarga meninggalkan kawasan Suni di Banias karena takut akan pembantaian baru," Direktur Lembaga Pemantau HAM Suriah, Rami Abdel Rahman.

"Mereka mengungsi ke kota-kota di selatan seperti Tartus dan Jableh," tambah Rami.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.