Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Pesawat BBM AS Sisakan Potongan Tubuh Gosong

Kompas.com - 04/05/2013, 15:45 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Petugas berwajib menemukan potongan-potongan dua tubuh gosong pascakecelakaan pesawat pengisi bahan bakar KC-135 milik Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat di Kirgistan. Insiden kecelakaan itu terjadi pada Jumat (3/5/2013). Puing-puing pesawat masih tergolek di lokasi kejadian.

Sementara itu, Kementerian Kondisi Gawat Darurat Kirgistan mengatakan pada Sabtu (4/5/2013), kotak hitam yang merupakan rekaman perjalanan pesawat sudah berhasil diketahui letaknya. "Pencarian mesin pesawat juga tengah berlangsung,"begitu kata kementerian tersebut sebagaimana warta AP.

Keterangan dari Public Affairs Transit Center di Manas, berlokasi di dekat Bishkek, Kirgistan, pesawat ini dalam perjalanan menuju pusat transit. The Manas Transit Center adalah pangkalan udara Amerika Serikat yang menjadi pusat penyediaan pasokan kebutuhan pasukan Amerika Serikat yang bertugas di Afganistan.

Pesawat diduga jatuh di kawasan pegunungan antara Chorgolu dan Cholok-Aryk, dua desa di wilayah Chuysky di kawasan utara Kirgistan. Pemadam kebakaran dan tiga ambulans sudah merespons kabar jatuhnya pesawat ini. Penyebab jatuhnya pesawat masih diteliti.

Perdana Menteri Kirgistan Jantoro Satybaldiev mengadakan pertemuan darurat sehubungan dengan kecelakaan itu, seperti dikutip oleh media pemerintah. Puing-puing pesawat tersebar di area dalam radius satu kilometer. Saksi mata disebut melihat ada parasut mengembang ketika pesawat jatuh dan saksi lain menyatakan terlebih dahulu melihat ledakan yang merusak separuh badan pesawat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com