Kompas.com - 04/05/2013, 07:27 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

MOSKWA, KOMPAS.com — Sebuah pesawat pengisi bahan bakar milik Amerika Serikat jatuh di Kirgistan tak lama setelah lepas landas, Jumat (3/5/2013). Tiga awak pesawat belum diketahui nasibnya.

"Status dari tiga anggota awak tidak diketahui," ujar siaran pers Air Expeditionary Wing (AEW) 376 Amerika Serikat.  Pesawat tersebut merupakan salah satu pesawat pengisi bahan bakar KC-135 Angkatan Udara Amerika Serikat.

Keterangan dari Public Affairs Transit Center di Manas, berlokasi di dekat Bishkek, Kirgistan, pesawat ini dalam perjalanan menuju pusat transit. The Manas Transit Center adalah pangkalan udara Amerika Serikat yang menjadi pusat penyediaan pasokan kebutuhan pasukan Amerika Serikat yang bertugas di Afganistan.

Pesawat diduga jatuh di kawasan pegunungan antara Chorgolu dan Cholok-Aryk, dua desa di wilayah Chuysky di kawasan utara Kirgistan. Pemadam kebakaran dan tiga ambulans sudah merespons kabar jatuhnya pesawat ini. Penyebab jatuhnya pesawat masih diteliti.

Perdana Menteri Kirgistan Jantoro Satybaldiev mengadakan pertemuan darurat sehubungan dengan kecelakaan itu, seperti dikutip oleh media pemerintah. Puing-puing pesawat tersebar di area dalam radius satu kilometer. Saksi mata disebut melihat ada parasut mengembang ketika pesawat jatuh dan saksi lain menyatakan terlebih dahulu melihat ledakan yang merusak separuh badan pesawat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X