Kompas.com - 04/05/2013, 02:51 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SOFIA, KOMPAS.com - Seorang pria warga Bulgaria yang membakar dirinya awal pekan ini, hari Jumat (3/5/2013) dilaporkan tewas dalam perawatan di rumah sakit.

Dengan demikian pria ini menjadi korban  akar diri keenam, yang tewas dalam gelombang protes yang berlangsung di Bulgaria, salah satu negara termiskin di Uni Eropa.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita AFP, hari Jumat, pria itu bernama Ventsilav Kozarev (47), menuangkan bahan bakar di tubuhnya dan kemudian menyulutkan api di kota Smolyan, di Bulgaria selatan, hari Rabu lalu.

Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit akibat luka bakar di sekujur tubuhnya. Kozarev juga mengaku putus asa karena belum lama ini bercerai dari istrinya. Sejumlah aksi protes dan gelombang kemarahan melanda Bulgaria pada beberapa pekan ini.

Aksi protes yang diwarnai aksi anarkis dan pengrusakan ini bagian dari protes menetang kemiskinan dan korupsi yang berlangsung sejak Februari lalu. Aksi ini memaksa PM Bulgaria Boyko Borisov mengundurkan diri.

Dalam aksi protes ini terjadi enam kali aksi bakar diri termasuk aksi Kozarev. Lima aksi bakar diri lainnya juga berakhir dengan kematian. Hanya tiga dari enam kasus bakar diri ini berkaitan dengan tuntutan politik. Sementara yang lainnya karena tekanan kemiskinan dan putusasa.

Negeri miskin di kawasan Balkan ini merencanakan pemilu segera pada 12 Mei mendatang, dan partai GERB pimpinan Borisov diperkirakan akan unggul namun akan membentuk sebuah pemerintahan mayoritas tipis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.