Kompas.com - 03/05/2013, 19:51 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah China harus kembali mengerahkan kekuatan sensornya untuk menghentikan kicauan warganya di jejaring sosial yang tak hentinya meledek kantor baru harian pemerintah, People's Daily, yang bentuknya mirip alat kelamin pria.

Meski disensor ketat, beberapa komentar terkait bentuk gedung yang baru dibangun di Beijing itu bisa lolos.

"Tentu saja kantor harian corong pemerintah harus terlihat menonjol," kata seorang pengguna Sina Weibo, jejaring sosial semacam Twitter yang sangat populer di China.

"Tampaknya People's Daily sedang terbangun, ada harapan untuk mimpi warga China," kata pengguna lainnya.

Namun, jika pengguna lain melakukan pencarian topik dengan kata kunci "People's Daily" atau "bangunan" akan muncul pemberitahuan pemerintah.

"Pencarian tak dapat dilakukan karena tidak sesuai dengan hukum, peraturan, dan kebijakan pemerintah," demikian isi pemberitahuan itu.

Tak hanya gedung baru ini yang mendapatkan cercaan warga. Salah satu bentuk gedung modern lain yang menjadi kantor pusat stasiun televisi CCTV sering dijuluki sebagai celana panjang besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harian People's Daily bisa dikatakan sebagai perpanjangan mulut Pemerintah China dan Partai Komunis China. Harian itu biasanya dipenuhi berita-berita kegiatan dan propaganda Pemerintah China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.