Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Serukan Bantuan bagi Pengungsi Suriah

Kompas.com - 03/05/2013, 19:39 WIB
Pascal S. Bin Saju

Penulis

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Frasiskus, Jumat (03/05/2013) di Vatikan, menyerukan agar dunia memberikan bantuan kemanusiaan yang lebih besar bagi pengungsi Suriah di Lebanon dan negara-negara di sekitarnya.

Seruan itu disampaikan setelah Paus Frasiskus bertemu dengan Presiden Lebanon, Michel Sleiman, di Vatikan. "Jumlah pengungsi Suriah yang terus meningkat ke Lebanon dan negara-negara tetangga, memerlukan perhatian khusus," kata Vatikan, menyusul pertemuan kedua tokoh tadi.

"Bantuan kemanusiaan yang lebih besar agar dikerahkan untuk, para pengungsi dan penduduk yang menderita, dengan dukungan dari masyarakat internasional," kata Vatikan.

PBB pada pertengahan April mengatakan, Lebanon adalah tempat penampungan 400.000 warga Suriah yang melarikan diri dari konflik. Krisis di Suriah yang kini telah memasuki tahun ketiga telah menewaskan lebih dari 70.000 orang.

Vatikan mencatat, seperempat juta pengungsi Suriah itu terdiri atas anak-anak tidak berdosa.

Pada pertemuan itu, Paus dan Sleiman juga membahas situasi sulit yang dialami umat Kristen di seluruh Timur Tengah.

Kristen di kawasan itu telah berada di ancaman dari kebangkitan politik yang bersifat sektarian. Paus Fransiskus dan Presiden Sleiman juga membahas harapan mereka, untuk dibuka kembalinya dialog damai antara Israel dan Palestina. Hal itu penting bagi perdamaian dan stabilitas kawasan. (AFP/CAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com