Kompas.com - 03/05/2013, 19:39 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Frasiskus, Jumat (03/05/2013) di Vatikan, menyerukan agar dunia memberikan bantuan kemanusiaan yang lebih besar bagi pengungsi Suriah di Lebanon dan negara-negara di sekitarnya.

Seruan itu disampaikan setelah Paus Frasiskus bertemu dengan Presiden Lebanon, Michel Sleiman, di Vatikan. "Jumlah pengungsi Suriah yang terus meningkat ke Lebanon dan negara-negara tetangga, memerlukan perhatian khusus," kata Vatikan, menyusul pertemuan kedua tokoh tadi.

"Bantuan kemanusiaan yang lebih besar agar dikerahkan untuk, para pengungsi dan penduduk yang menderita, dengan dukungan dari masyarakat internasional," kata Vatikan.

PBB pada pertengahan April mengatakan, Lebanon adalah tempat penampungan 400.000 warga Suriah yang melarikan diri dari konflik. Krisis di Suriah yang kini telah memasuki tahun ketiga telah menewaskan lebih dari 70.000 orang.

Vatikan mencatat, seperempat juta pengungsi Suriah itu terdiri atas anak-anak tidak berdosa.

Pada pertemuan itu, Paus dan Sleiman juga membahas situasi sulit yang dialami umat Kristen di seluruh Timur Tengah.

Kristen di kawasan itu telah berada di ancaman dari kebangkitan politik yang bersifat sektarian. Paus Fransiskus dan Presiden Sleiman juga membahas harapan mereka, untuk dibuka kembalinya dialog damai antara Israel dan Palestina. Hal itu penting bagi perdamaian dan stabilitas kawasan. (AFP/CAL)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X