Kompas.com - 03/05/2013, 11:15 WIB
EditorReza Wahyudi

Twitter.com

KOMPAS.com - Twitter sering digunakan sebagai sarana untuk memperoleh dan melaporkan berita terkini oleh para jurnalis. Berkaitan dengan hal tersebut, perusahaan situs micro-blogging ini membuka lowongan baru untuk "kepala bagian berita dan jurnalisme".

Sebagaimana dikutip dari The Verge, tujuan dari dibukanya posisi tersebut adalah meningkatkan kualitas berita yang beredar di Twitter, serta menjalin hubungan yang lebih dalam antara Twitter dan para jurnalis serta media yang menaungi mereka.

Ada pula misi kerjasama dengan divisi pengembangan produk Twitter untuk memenuhi kebutuhan jurnalis yang memakai Twitter, serta pola komunikasi para jurnalis dengan para pembaca sehubungan dengan hal-hal seperti pemakaian Twitter sebagai sarana news gathering.

Selama ini kecepatan dan kekuatan penyebaran Twitter menjadi pendukungnya sebagai alat pencarian dan penyebaran berita.

Tetapi ada satu kelemahan besar di saat terjadi sebuah breaking news yang masih simpang-siur, yaitu sulit membedakan tweet berita yang memuat fakta dengan yang sekadar berdasar spekulasi atau kabar yang belum terkonfirmasi.

Minggu lalu, misalnya, akun Twitter Associated Press membuat heboh lantaran mengunggah tweet soal peledakan bom di Gedung Putih yang melukai Presiden Obama. Akun tersebut ternyata diretas oleh kelompok hacker yang memanfaatkannya untuk menyebar berita palsu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peningkatan sekuriti dan pemegang posisi "kepala bagian berita dan jurnalisme" di Twitter bisa mencegah hal yang sama terulang kembali di masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.