Kompas.com - 02/05/2013, 22:14 WIB
EditorErvan Hardoko

VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Emeritus Benediktus XVI kembali ke Vatikan menggunakan helikopter, Kamis (2/5/2013), setelah dua bulan di Kastil Gandolfo, istana musim panas para Paus, seusai mengundurkan diri dari jabatannya.

Mantan Paus berusia 86 tahun itu terlihat akan tinggal di sebuah biara yang sudah dipersiapkan yang berjarak hanya 10 menit berjalan kaki dari Casa Santa Maria, tempat tinggal Paus Fransiskus.

Dengan kembalinya Benediktus XVI ke Vatikan, maka untuk pertama kalinya pusat Gereja Katolik itu akan menjadi rumah untuk dua orang Paus sekaligus.

Sejumlah pengamat Vatikan berpendapat, kehadiran seorang "Paus bayangan" akan membuat sejumlah kesulitan untuk Paus Fransiskus.

Namun, para petinggi Vatikan menegaskan, sejak pengunduran dirinya, Benediktus sudah menyatakan akan menggunakan sisa hidupnya untuk belajar dan berdoa.

Benediktus juga tidak akan tampil dan membuat pernyataan publik yang bisa saja bertentangan dengan Paus Fransiskus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.