Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tersangka Baru Ledakan Boston Dituduh "Berbohong kepada Penyidik"

Kompas.com - 02/05/2013, 01:44 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

BOSTON, KOMPAS.com — Dua teman sekelas Dzhokhar Tsarnaev, tersangka peledakan di Maraton Boston, ditahan Kepolisian Boston, Rabu (1/5/2013). Bersama satu orang lain lagi, kedua teman Dzhokhar tersebut dikenakan tuduhan "berbohong kepada penyidik".

Polisi Boston mengumumkan penangkapan itu pada Rabu pagi waktu setempat. Sementara itu, tuduhan yang dikenakan kepada ketiga orang tersebut diumumkan Jaksa Federal, tak lama kemudian. Mereka bertiga dinyatakan tak terlibat dengan peledakan di Maraton Boston, Senin (15/4/2013), tetapi ditahan karena keterangan yang mereka berikan kepada penyidik, tak lama setelah ledakan itu terjadi.

Kejaksaan Boston menyatakan, ketiga orang ini dikenakan tuduhan bersekongkol menghalangi keadilan dan membuat pernyataan palsu kepada penyidik. Dua teman sekelas Dzhokhar yang ditangkap, yakni Azamat Tazhayakov dan Dias Kadyrbayev, masih disebut sebagai warga negara Kazakhstan. Pengacara kedua orang ini mengatakan kepada CNN bahwa Pemerintah Federal telah menangkap kedua kliennya dengan tuduhan pelanggaran imigrasi.

Adapun orang ketiga yang juga ditangkap Kepolisian Boston adalah warga negara Amerika Serikat. Tak seperti dua teman sekelas Dzhokhar, nama tersangka ketiga ini tak seketika diumumkan oleh otoritas setempat.

Ketiga tersangka baru kasus ledakan di Maraton Boston dijadwalkan menjalani pemeriksaan pertama di depan hakim, Rabu (1/5/2013) sore waktu setempat atau Kamis (2/5/2013) dini hari waktu Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com