Tiga Tersangka Baru Ledakan Boston Dituduh "Berbohong kepada Penyidik"

Kompas.com - 02/05/2013, 01:44 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

BOSTON, KOMPAS.com — Dua teman sekelas Dzhokhar Tsarnaev, tersangka peledakan di Maraton Boston, ditahan Kepolisian Boston, Rabu (1/5/2013). Bersama satu orang lain lagi, kedua teman Dzhokhar tersebut dikenakan tuduhan "berbohong kepada penyidik".

Polisi Boston mengumumkan penangkapan itu pada Rabu pagi waktu setempat. Sementara itu, tuduhan yang dikenakan kepada ketiga orang tersebut diumumkan Jaksa Federal, tak lama kemudian. Mereka bertiga dinyatakan tak terlibat dengan peledakan di Maraton Boston, Senin (15/4/2013), tetapi ditahan karena keterangan yang mereka berikan kepada penyidik, tak lama setelah ledakan itu terjadi.

Kejaksaan Boston menyatakan, ketiga orang ini dikenakan tuduhan bersekongkol menghalangi keadilan dan membuat pernyataan palsu kepada penyidik. Dua teman sekelas Dzhokhar yang ditangkap, yakni Azamat Tazhayakov dan Dias Kadyrbayev, masih disebut sebagai warga negara Kazakhstan. Pengacara kedua orang ini mengatakan kepada CNN bahwa Pemerintah Federal telah menangkap kedua kliennya dengan tuduhan pelanggaran imigrasi.

Adapun orang ketiga yang juga ditangkap Kepolisian Boston adalah warga negara Amerika Serikat. Tak seperti dua teman sekelas Dzhokhar, nama tersangka ketiga ini tak seketika diumumkan oleh otoritas setempat.

Ketiga tersangka baru kasus ledakan di Maraton Boston dijadwalkan menjalani pemeriksaan pertama di depan hakim, Rabu (1/5/2013) sore waktu setempat atau Kamis (2/5/2013) dini hari waktu Indonesia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.