Kompas.com - 01/05/2013, 23:13 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

LONDON, KOMPAS.com Kepolisian Inggris berharap bisa lebih menghemat waktu dan dana dalam melacak pasien penyakit gila, dengan memberikan sejumlah alat pelacak global positioning system (GPS) di sejumlah pasien penyakit gila.

Namun, kebijakan polisi ini dikecam oleh sejumlah pembela pasien gila karena dinilai sebagai tindakan barbar.

Kantor berita AP, Rabu (1/5/2013), melaporkan, pekan lalu polisi di Sussex, Inggris, mengumumkan rencana membeli peralatan GPS untuk dipasang pada 15 pasien penyakit gila yang berisiko tinggi hilang.

Alat GPS ini dipakai seperti rantai di leher dan menggunakan kunci rantai. Alat pelacak ini mengirimkan lokasi GPS dari setiap orang gila itu ke situs pengendali dari polisi setiap empat menit.

Kepala Inspektur Tanya Jones menggambarkan langkah ini sebagai sebuah strategi efektivitas biaya. Hal ini membantu menghemat waktu polisi dan uang karena mereka sering harus melakukan pencarian atas pasien sakit gila yang hilang.

Konvensi Pensiun Nasional pada hari Rabu mengecam ide ini karena dinilai tak manusiawi. Mereka menegaskan bahwa pasien ini seperti distigma dan membuat mereka merasa seperti seorang kriminal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.