Kompas.com - 01/05/2013, 21:58 WIB
EditorErvan Hardoko

LA PAZ, KOMPAS.com - Presiden Bolivia Evo Morales, Rabu (1/5/2013), mengusir perwakilan USAID di Bolivia. Morales menuding organisasi itu mencampuri urusan dalam negeri Bolivia.

Dalam sebuah pidato yang berapi-api saat peringatan Hari Buruh, presiden negeri termiskin di Amerika Selatan itu mengatakan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) berada di Bolivia untuk kepentingan politik.

Namun, Morales tidak merinci kepentingan politik seperti apa yang dijalankan USAID di negeri itu.

"Tak ada lagi USAID, yang memanipulasi dan mempengaruhi para pemimpin kita," kata Morales di Lapangan Plaza de Armas, La Paz.

Morales menambahkan Bolivia sangat tersinggung dengan komentar Menteri Luar Negeri AS John Kerry yang menganggap Amerika Selatan adalah halaman belakang AS.

"AS mungkin berpikir mereka masih bisa memanipulasi politik dan ekonomi kita. Itu masa lalu," ujar Morales.

Di Bolivia, USAID membantu negeri itu meningkatkan sistem pelayanan kesehatan serta  menjalankan program pembangunan dan lingkungan berkelanjutan.

Sejumlah tujuan USAID di Bolivia misalnya meningkatkan produktivitas peternakan dan ketahanan pangan, memperluas akses layanan sosial, serta mempertahankan daya saing perusakaan kecil menengah.

Morales, yang berkuasa sejak 2006, pada 2008 lalu juga mengusir duta besar AS dan perwakilan DEA dengan alasan yang sama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.