Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bolivia Usir Perwakilan USAID

Kompas.com - 01/05/2013, 21:58 WIB

LA PAZ, KOMPAS.com - Presiden Bolivia Evo Morales, Rabu (1/5/2013), mengusir perwakilan USAID di Bolivia. Morales menuding organisasi itu mencampuri urusan dalam negeri Bolivia.

Dalam sebuah pidato yang berapi-api saat peringatan Hari Buruh, presiden negeri termiskin di Amerika Selatan itu mengatakan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) berada di Bolivia untuk kepentingan politik.

Namun, Morales tidak merinci kepentingan politik seperti apa yang dijalankan USAID di negeri itu.

"Tak ada lagi USAID, yang memanipulasi dan mempengaruhi para pemimpin kita," kata Morales di Lapangan Plaza de Armas, La Paz.

Morales menambahkan Bolivia sangat tersinggung dengan komentar Menteri Luar Negeri AS John Kerry yang menganggap Amerika Selatan adalah halaman belakang AS.

"AS mungkin berpikir mereka masih bisa memanipulasi politik dan ekonomi kita. Itu masa lalu," ujar Morales.

Di Bolivia, USAID membantu negeri itu meningkatkan sistem pelayanan kesehatan serta  menjalankan program pembangunan dan lingkungan berkelanjutan.

Sejumlah tujuan USAID di Bolivia misalnya meningkatkan produktivitas peternakan dan ketahanan pangan, memperluas akses layanan sosial, serta mempertahankan daya saing perusakaan kecil menengah.

Morales, yang berkuasa sejak 2006, pada 2008 lalu juga mengusir duta besar AS dan perwakilan DEA dengan alasan yang sama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com