Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turkish Airlines Larang Pramugari Berlipstik Cerah

Kompas.com - 01/05/2013, 21:20 WIB

ANKARA, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan Turki, Turkish Airlines, melarang para pramugarinya menggunakan lipstik berwarna terang seperti merah atau merah muda.

Sejumlah media lokal Turki mengabarkan, langkah ini menjadi perdebatan hangat terkait dugaan upaya Pemerintah Turki untuk mengislamkan negeri itu.

Langkah ini kontan mengundang protes. Banyak perempuan Turki mengunggah wajah mereka di media sosial lengkap dengan lipstik berwarna merah terang di bibir mereka.

Larangan lipstik ini merupakan langkah konservatif terbaru maskapai ini yang memicu perdebatan warga Turki yang sekuler.

"Ini adalah sebuah langkah yang tidak wajar. Bagaimana lagi mendeskripsikan masalah ini?" kata Wakil Presiden Partai CHP, Gursel Turkin.

Meski demikian, manajemen Turkish Airlines mempertahankan keputusan itu sambil mengatakan bahwa dandanan sederhana lebih baik bagi pekerja di sektor jasa.

Beberapa bulan lalu, maskapai yang 49 persen sahamnya dimiliki pemerintah itu juga menghentikan layanan minuman beralkohol untuk penerbangan domestik.

Pada Februari lalu, usulan seragam baru awak pesawat, yaitu rok hingga mata kaki dan penutup kepala dari era Kesultanan Ottoman, juga memicu kritik.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan yang didukung Partai Keadilan dan Pembangunan sudah berkuasa di Turki selama lebih dari satu dekade. Dia kerap dituding tengah menggiring Turki menjadi negeri yang lebih konservatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com