Kompas.com - 01/05/2013, 20:56 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Di Banglades, Hari Buruh 1 Mei selalu diwarnai dengan unjuk rasa kaum buruh. Persis yang terjadi di berbagai negara-negara seluruh dunia.

Kendati begitu, Hari Buruh pada Rabu (1/5/2013) kali ini justru penuh dengan rasa pilu. Pasalnya, unjuk rasa menuntut kesejahteraan buruh lebih baik kini berwarna kepedihan. Soalnya, bertepatan dengan hari itu, pemerintah menghelat pemakaman massal bagi korban kebakaran pabrik garmen berlantai delapan, Rana Plaza, di Dhaka.

Warta AP menunjukkan, sampai kini tercatat 400 korban jiwa dalam insiden kebakaran dan runtuhnya bangunan ilegal itu pada Rabu (24/4/2013) pagi.  Runtuhnya gedung itu merupakan bencana yang menelan paling banyak korban yang menghantam industri garmen di Banglades, kegiatan ekonomi yang bernilai 20 miliar dollar AS per tahun dan memasok perusahaan- perusahaan global.

Pada Hari Buruh kali ini, pengunjuk rasa dan warga masyarakat berkerumun di sebuah lokasi  pemakaman massal tersebut. Ribuan buruh garmen mengikuti prosesi pemakaman itu. Sembari mengantarkan jenazah ke liang lahat para buruh juga meneriakkan tuntutan agar pemilik gedung dihukum mati.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.