Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Buruh Pilu di Banglades

Kompas.com - 01/05/2013, 20:56 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Di Banglades, Hari Buruh 1 Mei selalu diwarnai dengan unjuk rasa kaum buruh. Persis yang terjadi di berbagai negara-negara seluruh dunia.

Kendati begitu, Hari Buruh pada Rabu (1/5/2013) kali ini justru penuh dengan rasa pilu. Pasalnya, unjuk rasa menuntut kesejahteraan buruh lebih baik kini berwarna kepedihan. Soalnya, bertepatan dengan hari itu, pemerintah menghelat pemakaman massal bagi korban kebakaran pabrik garmen berlantai delapan, Rana Plaza, di Dhaka.

Warta AP menunjukkan, sampai kini tercatat 400 korban jiwa dalam insiden kebakaran dan runtuhnya bangunan ilegal itu pada Rabu (24/4/2013) pagi.  Runtuhnya gedung itu merupakan bencana yang menelan paling banyak korban yang menghantam industri garmen di Banglades, kegiatan ekonomi yang bernilai 20 miliar dollar AS per tahun dan memasok perusahaan- perusahaan global.

Pada Hari Buruh kali ini, pengunjuk rasa dan warga masyarakat berkerumun di sebuah lokasi  pemakaman massal tersebut. Ribuan buruh garmen mengikuti prosesi pemakaman itu. Sembari mengantarkan jenazah ke liang lahat para buruh juga meneriakkan tuntutan agar pemilik gedung dihukum mati.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com