Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Suriah Klaim Kendalikan Tiga Bandara

Kompas.com - 29/04/2013, 16:05 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pihak pemerintah Suriah mengklaim mampu mengendalikan tiga bandar udara (bandara) militer penting di negeri itu dari sergapan kelompok oposisi. Warta media pemerintah Al-Watan pada Senin (29/4/2013), mengatakan ketiga bandara dimaksud adalah Koerce, Menngh, dan Abu-Alduhur. Ketiga bandara itu terletak di Aleppo dan Idlib.

Menurut laporan media itu, kelompok oposisi jumlahnya ratusan orang bersenjata. Mereka mengepung ketiga bandara itu dalam sebuah operasi yang terbilang terbesar.

Al-Watan dalam laporannya membantah tayangan televisi-televisi antipemerintah kalau bakal ada serangan susulan demi merebut ketiga bandara tersebut. "Pasukan pemerintah dengan dukungan angkatan udara berhasil mengusir mereka,"tulis Al-Watan.

Sementara itu, catatan dari para analis militer propemerintah Suriah menunjukkan upaya kelompok oposisi merebut bandara-bandara militer untuk melemahkan sistem pertahanan udara pemerintah. "Dengan pelemahan ini, intervensi militer asing bakal lebih mudah,"demikian menurut hemat para analis.  

Belum ada informasi mengenai pandangan kelompok oposisi terkait pendapat tersebut hingga berita ini diunggah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com