Kompas.com - 28/04/2013, 06:08 WIB
EditorErvan Hardoko

KARACHI, KOMPAS.com - Tiga ledakan bom terjadi di kota pelabuhan Pakistan, Karachi, Sabtu (27/4/2013), menewaskan tiga orang termasuk seorang anak perempuan. Ini adalah insiden terbaru menjelang pemilihan umum Pakistan bulan depan.

Rangkaian ledakan itu, dua di antaranya diarahkan terhadap partai-partai politik sekuler sementara satu ledakan lagi terjadi tak jauh dari sebuah masjid Syiah. Tiga ledakan ini hanya berselang sehari dengan ledakan bom  yang menewaskan 10 orang.

"Bom pertama, yang dipasang dekat kantor MQM (Gerakan Muttahida Qaumi) di kawasan Qasba, menewaskan satu orang dan melukai 24 orang lainnya," kata seorang petugas polisi setempat Zahid Hussain.

Zahid mengatakan kantor MQM merupakan sasaran utama bom pertama. Namun, saat bom meledak kantor partai itu belum beroperasi. Sedangkan serangan kedua, kata Zahid, adalah pelemparan granat ke sebuah masjid Syiah yang melukai 10 orang.

Sedangkan serangan ketiga terjadi di saat kampanye seorang kandidat Partai Rakyat Pakistan (PPP) di kawasan Lyari. Dua orang, termasuk seorang anak perempuan berusia tujuh tahun, tewas dan melukai 15 orang lainnya.

"Bom itu dipasang pada sebuah sepeda motor," kata petugas polisi Muhammad Azim.

Partai MQM dan Partai Nasional Awami (ANP), merupakan rekan koalisi dalam pemerintahan pimpinan PPP yang segera berakhir masa baktinya. Ketiga partai politik ini kerap mendapat ancaman dari Taliban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga partai ini dinilai sebagai partai sekuler dan mendukung operasi militer terhadap kelompok-kelompok militan Islam. Akibat ancaman ini, maka ketiga partai memilih tidak melakukan kampanye terbuka besar-besaran.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.