Kompas.com - 28/04/2013, 04:16 WIB
EditorErvan Hardoko

MOGADISHU, KOMPAS.com - Tak lama lagi sekitar 11 juta warga Somalia di, untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir, kembali bisa merasakan layanan pos di negerinya.

Belum lama ini, negeri yang lama dikoyak perang itu menandatangani kesepakatan dengan badan pos PBB (UPU) untuk mengakhiri isolasi Somalia dari dunia luar.

Namun, masih banyak yang harus dibenahi negeri di Tanduk Afrika itu untuk kembali dalam komunitas pos global. Pasalnya, untuk mengirim surat ke Somalia sangat sulit, sebab tak ada kantor pos yang berfungsi, hanya jalan utama yang memiliki nama, dan sebagian besar rumah penduduk negeri itu tak bernomor.

Kesepakatan dengan Somalia ini diumumkan UPU di markasnya di Geneva, Swiss, sekaligus menyatakan bahwa layanan pos internasional bisa beroperasi di Somalia dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara itu, Menteri Penerangan dan Komunikasi Somalia Abdullahi Hirsi juga sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pos Emirat di Dubai, untuk menjadikan kota itu sebagai pusat penanganan surat-surat bertujuan Somalia.

Juru bicara UPU Rheal LeBlanc mengatakan, Somalia sudah memiliki kantor pos di bandara untuk menangani surat-surat yang masuk atau keluar dari negeri itu, terutama surat-surat untuk pemerintah, kedubes, dan universitas.

Langkah ini merupakan salah satu langkah maju yang dicapai Somalia. Sebelumnya, Inggris membuka kantor kedutaan besar di bandara Mogadishu pada Kamis (25/4/2013), setelah sebelumnya kedutaan Inggris ditutup pada 1991.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.