Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Pos Segera Pulih di Somalia

Kompas.com - 28/04/2013, 04:16 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com - Tak lama lagi sekitar 11 juta warga Somalia di, untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir, kembali bisa merasakan layanan pos di negerinya.

Belum lama ini, negeri yang lama dikoyak perang itu menandatangani kesepakatan dengan badan pos PBB (UPU) untuk mengakhiri isolasi Somalia dari dunia luar.

Namun, masih banyak yang harus dibenahi negeri di Tanduk Afrika itu untuk kembali dalam komunitas pos global. Pasalnya, untuk mengirim surat ke Somalia sangat sulit, sebab tak ada kantor pos yang berfungsi, hanya jalan utama yang memiliki nama, dan sebagian besar rumah penduduk negeri itu tak bernomor.

Kesepakatan dengan Somalia ini diumumkan UPU di markasnya di Geneva, Swiss, sekaligus menyatakan bahwa layanan pos internasional bisa beroperasi di Somalia dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara itu, Menteri Penerangan dan Komunikasi Somalia Abdullahi Hirsi juga sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pos Emirat di Dubai, untuk menjadikan kota itu sebagai pusat penanganan surat-surat bertujuan Somalia.

Juru bicara UPU Rheal LeBlanc mengatakan, Somalia sudah memiliki kantor pos di bandara untuk menangani surat-surat yang masuk atau keluar dari negeri itu, terutama surat-surat untuk pemerintah, kedubes, dan universitas.

Langkah ini merupakan salah satu langkah maju yang dicapai Somalia. Sebelumnya, Inggris membuka kantor kedutaan besar di bandara Mogadishu pada Kamis (25/4/2013), setelah sebelumnya kedutaan Inggris ditutup pada 1991.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com