Kompas.com - 28/04/2013, 01:58 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com - Pemberontak Taliban di Afganistan, Sabtu (27/4/2013), mengumumkan dimulainya "serangan musim semi" terhadap pemerintah Kabul yang didukung AS .

Taliban menambahkan serangan itu akan berupa sejumlah bom bunuh diri, serangan "orang dalam" oleh tentara Afganistan, dan "taktik militer khusus" yang akan menyerang pangkalan udara koalisi dan misi-misi diplomatik. Taliban menjanjikan korban yang akan jatuh dalam rangkaian serangan ini akan sangat besar.

Taliban juga memperingatkan warga Afganistan agar tidak bekerja untuk rezim Presiden Hamid Karzai agar mereka tidak menjadi korban serangan itu. Selain itu. Taliban menyerukan agar anak-anak muda Afganistan tidak bergabung dengan kepolisian atau militer negeri itu.

"Musim pertempuran" di Afganistan biasanya dimulai pada April atau Mei saat salju mulai berkurang di pegunungan. Dalam beberapa tahun terakhir, Taliban selalu mengumumkan rencana serangan yang digelar untuk menjatuhkan pemerintahan Karzai.

"Musim pertempuran" tahun ini dipandang sangat krusial untuk masa depan Afganistan. Sejumlah petinggi pasukan  koalisia mengatakan polisi dan militer Afganistan saat ini sudah cukup berkembang dan mampu menangani masalah keamanan negeri tersebut.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Afganistan Dawlat Waziri mengatakan, angkatan bersenjata dan kepolisian Afganistan sudah siap untuk memerangi pemberontak Taliban tanpa bantuan asing.

"Taliban tidak akan mampu berperang secara terbuka. Mereka akan tetap mengandalkan bom pinggir jalan dan serangan bom bunuh diri yang banyak menewaskan warga sipil," kata Waziri.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X