Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Suriah Tuding Oposisi Pakai Senjata Kimia

Kompas.com - 27/04/2013, 21:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Informasi Suriah Omran al-Zoubi menuding kelompok oposisi di wilayah utara Suriah menggunakan senjata kimia.  "Senjata itu kemungkinan berasal dari Turki,"katanya sebagaimana warta SANA pada Sabtu (27/4/2013).

Pernyataan Zoubi dibuatnya saat hendak bertolak ke Moskwa, Rusia. Menurutnya, misil senjata kimia itu bakal membidik kota Khan al-Assal di Provinsi Aleppo.

Menurut Zoubi lebih lanjut, pemerintah Suriah mengambil inisiatif untuk menyelidiki hal ini. Pemerintah Rusia sudah meminta pakar Rusia untuk menyelidiki penggunaan atau tidaknya senjata kimia tersebut.

Pada bagian lain, Zoubi mengatakan tudingan Barat kalau pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia tidak bisa dipercaya. "Negara-negara Barat silakan melihat apa yang terjadi di Khan al-Assal,"katanya.

Sebelumnya, pada Kamis (25/4/2013), Gedung Putih menuding pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia dalam skala kecil. "Senjata kimia itu adalah gas sarin,"kata pernyataan Washington itu.

Dalam sanggahannya, pemerintah Suriah menilai AS menggunakan isu senjata kimia sebagai isu pengulangan. Soalnya, isu yang dianggap bukan barang baru itu pernah menjadi skenario AS di Irak pada 2003.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com