Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Uje Sering Disebut Ustaz Gaul?

Kompas.com - 26/04/2013, 08:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Almarhum Ustaz Jeffry Al Buchori alias Uje sepanjang hidupnya sering disebut sebagai "ustaz gaul", terutama oleh kalangan media dan jemaahnya.

Mengapa disebut Ustaz Gaul? Rupanya itu tak lepas dari pergaulan luasnya, tidak sebatas dengan kalangan sesama ulama, tapi juga politikus sampai artis. Tribunnews.com beberapa kali menyaksikan almarhum Uje rajin datang ke Pengajian Orbit.

Pengajian Orbit adalah komunitas pengajian yang anggotanya terdiri dari kalangan artis, politikus, wartawan, budayawan, pengusaha, sampai birokrat. Uje tidak hanya sering mengisi, tetapi juga rajin jadi pendengar (jemaah) ketika ada penceramah lain yang mengisi pengajian yang biasa digelar tiap Kamis malam di kediaman Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsuddin di Pasar Minggu itu.

Seorang wartawan senior, Djony Edward, menulis di akun Facebooknya tentang betapa baiknya seseorang meninggal pada hari Jumat.

Ia menulis, "kematian tak bisa dimundurkan dan dimajukan, tugas kita bukan menghindar tetapi menyiapkan bekal." Lalu Djony mengutip hadis Nabi.

"Tidak ada seorang Muslim pun yang meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat, kecuali Allah akan menjaganya dari fitnah kubur." (HR Ahmad)

"Semoga Ustaz Jeffry mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT. Amiiin ya robbal 'alamiiin," tulisnya menutup doa. (Agung BS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com