Kompas.com - 26/04/2013, 00:44 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

BRUNEI DARUSSALAM; KOMPAS.com - KTT ke-22 ASEAN menyepakati akan menggelar pertemuan tingkat menteri luar negeri dengan China guna membicarakan "Code of Conduct" (CoC) penyelesaian masalah Laut China Selatan.

"Dalam pembahasan tadi disepakati akan adanya pertemuan khusus menlu negara-negara ASEAN dalam waktu dekat, kemudian akan ada pertemuan khusus Menlu ASEAN dengan Menlu Tiongkok untuk memajukan proses CoC ini," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada wartawan seusai KTT ASEAN di Brunei Darussalam, Kamis (25/4/2013). Dia mengatakan pertemuan tersebut untuk mendorong proses pembentukan CoC antara ASEAN dan China sebagai implementasi pola `Declaration of Conduct` secara penuh yang telah disepakati.

Selama ini, menurut Marty, ASEAN telah maju dengan menyepakati bersama elemen-elemen dari CoC. Namun disadari proses kesepakatan dalam CoC tersebut tidak bisa meninggalkan China. "Antara (sesama negara) ASEAN sudah ada elemen-elemennya, Indonesia memprakarsai drafnya. Sekarang `kan ini tidak bisa sepihak prosesnya. Kita harus merangkul dan melibatkan Tiongkok agar Tiongkok pun merasa memiliki proses ini," katanya.

Untuk itu, menurut Marty proses percepatan dari pembentukan CoC di Laut China Selatan tersebut akan mengalami penyesuaian. "Di satu pihak kita harus maju, tapi di lain pihak majunya tidak terlalu cepat sehingga meninggalkan Tiongkok, sehingga inilah yang dinamakan adanya approriate pace (kecepatan yang terukur)," katanya.

Marty menambahkan, semua negara di ASEAN menyadari sengketa Laut China Selatan merupakan batu ujian dalam pengelolaan kawasan. Sengketa Laut China Selatan melibatkan sejumlah negara anggota ASEAN, yakni Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam dan Kamboja, dengan China. Masing-masing negara merasa berhak atas sejumlah wilayah di Laut China Selatan. (*)

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X