Kompas.com - 25/04/2013, 21:26 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com— Produktivitas dan daya saing Indonesia dinilai masih kalah dibanding Singapura, Thailand, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Terkait hal tersebut, Labor Institute Indonesia melalui siaran persnya yang ditandatangani koordinator Kampanye, Andy William Sinaga, berpendapat bahwa Indonesia belum siap memasuki perdagangan bebas ASEAN 2015.

Dari 144 negara yang disurvei Forum Ekonomi Dunia lewat Global Growth Competitiveness Index, Indonesia berada di peringkat 50 dalam hal daya saing. Peringkat ini jauh di bawah Singapura yang berada di urutan 2, Malaysia (25), Brunei (28), dan Thailand (38).

Labor Institute Indonesia berpandangan bahwa pengusaha Indonesia, terutama pelaku usaha kecil dan menengah belum siap dan khawatir kalah bersaing dengan produk negara-negara tetangga.

Terkait hal tersebut, Labor Institute berpendapat pemerintah harus mendorong rasa nasionalisme. Ini dapat dilakukan melalui penumbuhan rasa cinta kepada produk dalam negeri. Produsen dalam negeri juga harus meningkatkan kualitas produknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.