Kompas.com - 25/04/2013, 14:09 WIB
EditorErvan Hardoko

RIYADH, KOMPAS.com — Seorang pria yang diyakini sebagai orang tertua di Arab Saudi meninggal dunia dalam usia 120 tahun.

Syekh Awadh bin Abdul Aziz Al Saifi lahir pada 1893 dan hidup melewati tiga abad yang berbeda, yaitu abad ke-19, ke-20, dan ke-21.

Syekh Awadh meninggal dunia di kediamannya di Desa Al Badadha di wilayah tengah Arab Saudi meski sebelum meninggal dia dalam kondisi sangat sehat.

Syekh Awadh yang menjadi kepala suku seumur hidup itu meninggalkan total 24 anak, 447 cucu, dan buyut. Putra tertuanya berusia 98 tahun dan yang termuda berusia 22 tahun. Sementara cucu tertuanya berusia sekitar 65 tahun.

Menurut sejumlah laporan, Syekh Awadh semasa hidup dikenal sebagai seorang yang bijaksana dengan kemampuan bernegosiasi yang mumpuni.

"Dia (Syekh Awadh) adalah sosok yang dihormati semua orang yang pernah bertemu dengannya," demikian harian Sabq melaporkan.

"Kondisi kesehatannya sangat baik dan masih mengenal semua orang yang ada di sekitarnya. Dia menyukai puisi dan menyaksikan semua peristiwa bersejarah sejak penobatan Raja Abdul Aziz hingga Raja Abdullah," tambah harian itu.

Raja Abdul Aziz adalah pendiri kerajaan Arab Saudi pada dasawarsa 1930-an.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.