Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Masjid Kuno Suriah Hancur

Kompas.com - 25/04/2013, 07:51 WIB

Menara salah satu masjid paling terkenal di Suriah hancur akibat pertempuran yang terjadi di kota Aleppo. Kantor berita pemerintah Suriah, Sana, menuduh kelompok pemberontak meledakkan menara Masjid Umayyad yang didirikan pada abad 12.

Namun, para aktivis mengatakan menara tersebut menjadi sasaran tembak tank militer. Masjid yang telah dinyatakan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO itu, jatuh ke tangan pemberontak awal tahun ini tetapi kawasan di sekitarnya masih menjadi rebutan.

Oktober tahun lalu UNESCO meminta kedua pihak yang bertikai agar masjid itu dilindungi. UNESCO menyebut Umayyad sebagai "salah satu masjid paling indah di dunia Muslim."

Rambut Nabi Muhammad

Foto-foto yang dipublikasikan di internet menunjukkan puing-puing menara teronggok di halaman masjid. Bagian lain kompleks masjid tersebut mengalami kerusakan parah.

Sana melaporkan kelompok pemberontak Jabhat al-Nusra yang terkait Al Qaeda sebagai pelakunya. Sejumlah laporan juga mengatakan bahwa ada artefak kuno yang dijarah, termasuk sebuah kotak yang diyakini berisi potongan rambut Nabi Muhammad.

Tetapi kelompok pemberontak mengatakan mereka berhasil menyelamatkan sebuah kitab suci Quran tulisan tangan berumur ratusan tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com