Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Belum Simpulkan Dugaan Suriah Pakai Senjata Kimia

Kompas.com - 24/04/2013, 18:03 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pihak Amerika Serikat (AS) belum menyimpulkan dugaan pemerintah Suriah menggunakan atau tidak senjata kimia untuk melawan rakyatnya sendiri. Menurut AS, pemerintahan rezim Presiden Bashar al-Assad menggunakan senjata kimia untuk menghancurkan kelompok oposisi. Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan hal itu pada Selasa (23/4/2013) sebagaimana warta AP.

Carney berbicara setelah pengulas intelijen militer Israel di Israel mengatakan pasukan Pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia berulang kali dalam perang saudara, yang telah berlangsung dua tahun di Suriah. Amerika Serikat telah menyatakan bahwa penggunaan senjata kimia oleh Suriah suatu hal yang melanggar "garis merah" yang dapat memicu intervensi.
    
Terkait hal itu, Carney mengatakan Amerika Serikat belum menyimpulkan penggunaan senjata kimia itu. "Ada kesulitan untuk menentukan kapan senjata itu digunakan,"kata Carney.

Lebih lanjut, Carney mengatakan Amerika Serikat tetap prihatin dengan adanya laporan penggunaan senjata-senjata itu dan Washington bersikap skeptis terhadap laporan yang menyebutkan jika oposisi Suriah telah menggunakan senjata itu.
    
Sebelumnya, Presiden Obama telah jelas mengatakan penggunaan senjata kimia atau transmisi oleh pemerintah Suriah kepada "aktor nonnegara" tidak dapat diterima.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com