Kompas.com - 24/04/2013, 18:03 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Pihak Amerika Serikat (AS) belum menyimpulkan dugaan pemerintah Suriah menggunakan atau tidak senjata kimia untuk melawan rakyatnya sendiri. Menurut AS, pemerintahan rezim Presiden Bashar al-Assad menggunakan senjata kimia untuk menghancurkan kelompok oposisi. Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan hal itu pada Selasa (23/4/2013) sebagaimana warta AP.

Carney berbicara setelah pengulas intelijen militer Israel di Israel mengatakan pasukan Pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia berulang kali dalam perang saudara, yang telah berlangsung dua tahun di Suriah. Amerika Serikat telah menyatakan bahwa penggunaan senjata kimia oleh Suriah suatu hal yang melanggar "garis merah" yang dapat memicu intervensi.
    
Terkait hal itu, Carney mengatakan Amerika Serikat belum menyimpulkan penggunaan senjata kimia itu. "Ada kesulitan untuk menentukan kapan senjata itu digunakan,"kata Carney.

Lebih lanjut, Carney mengatakan Amerika Serikat tetap prihatin dengan adanya laporan penggunaan senjata-senjata itu dan Washington bersikap skeptis terhadap laporan yang menyebutkan jika oposisi Suriah telah menggunakan senjata itu.
    
Sebelumnya, Presiden Obama telah jelas mengatakan penggunaan senjata kimia atau transmisi oleh pemerintah Suriah kepada "aktor nonnegara" tidak dapat diterima.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.