Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Apple Emoh Bikin iPhone Layar Lebar

Kompas.com - 24/04/2013, 12:47 WIB

KOMPAS.com — CEO Apple Tim Cook mengungkapkan keengganan perusahaannya merilis ponsel iPhone dengan bentang layar lebar. Menurut dia, hal tersebut belum bisa dilakukan.

Seperti dilaporkan oleh Cnet, orang nomor satu di Apple ini berpendapat bahwa layar lebar bakal mengorbankan aspek resolusi, layar, white balance, sudut pantulan, dan kompatibilitas aplikasi.

"Para pesaing kami telah mengorbankan aspek-aspek tersebut agar bisa membuat layar yang lebih lebar. Kami tak akan membuat layar iPhone yang lebih lebar selagi pemecahan terhadap masalah ini belum ditemukan," ujar Cook dalam pembicaraan dengan investor, pasca-publikasi laporan keuangan Apple.

Kata-kata Cook sekaligus mengesankan bahwa Apple tak sepenuhnya menutup pintu untuk iPhone dengan layar lebar.

Kemungkinan layar lebar untuk iPhone agaknya tetap ada, asalkan Apple bisa menemukan cara untuk memperbesar ukuran tanpa mengorbankan aspek-aspek di atas.

Apple sendiri sempat beberapa kali dikabarkan berencana merilis iPhone dengan layar lebih lebar dari iPhone 5 yang memiliki ukuran layar 4 inci.

Sebelum kemunculan iPhone 5, Apple bertahan memakai ukuran layar 3,5 inci untuk ponsel pintar buatannya ini.

Belakangan, perangkat-perangkat Android yang menjadi persaing iPhone di pasaran menunjukkan kecenderungan ukuran layar yang semakin besar. Salah satu contohnya adalah Galaxy S4 dari Samsung yang memiliki layar 5 inci dengan resolusi 1920 x 1080. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com