Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digigit Hiu, Kaki Nelayan Nyaris Putus

Kompas.com - 24/04/2013, 09:55 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE,KOMPAS.com - Kaki seorang nelayan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan nyaris putus setelah digigit  hiu saat tengah mencari ikan ditengah laut. Beruntung korban langsung diselamatkan oleh nelayan lainnya dan mengevakuasinya ake darat serta dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat. Rabu, (24/04/2013).

Peristiwa yang menimpa Arifuddin (20) warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini terjadi pada Selasa (23/4/2013), sekitar pukul 16.00 WITA. Saat itu korban tengah mencari ikan di perairan Teluk Bone dengan menggunakan sampan kecil.

Saat itulah seekor ikan hiu berukuran sekitar 1 meter menerkam kakinya. Arifuddin sempat terseret ke dalam air dan melawan hiu tersebut dengan dayung sampannya. Dia akhirnya mampu kembali ke sampannya yang telah terbalik. Sejumlah nelayan yang berada di sekitar lokasi bergegas menolongnya.

"Panjangnya sekitar satu meter untung saya dapat itu dayung dan langsung tusuk kepalanya baru saya naik kembali di perahu," ujar Arifuddin. Meski demikian kaki kanannya nyaris putus dengan luka robek akibat tiga gigitan hiu. 

Menurut nelayan setempat, keberadaan hiu di perairan tersebut mengaku bahwa hal ini merupakan kejadian yang langka. "Ikan hiu di perairan teluk Bone memang kadang muncul tapi jarang sekali itupun biasa kalau muncul hanya lewat tidak menetap," ujar Lafame, nelayan yang mengantar Arifuddin.

Korban yang dilarikan ke RSUD Tenriawaru Bone langsung mendapatkan perawatan intensif. "Korbannya tiba kemarin sekitar jam 6 sore dan langsung dirawat inap dan lukanya sudah agak baikan cuma untuk berjalan kayaknya belum bisa," ungkap singkat Ramly, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) RSUD Tenriawaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com