Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban di Balik Penculikan Sembilan Orang

Kompas.com - 22/04/2013, 15:47 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Helikopter itu terpaksa mendarat darurat, kemarin pagi sekitar pukul 05.00, di Azra, wilayah Provinsi Logar, Afganistan. Tak lama, gerombolan bersenjata membawa sembilan orang dari "burung besi" ke lokasi tertentu. "Kami yang melakukan itu,"begitu suara Zabihullah Mujahid di ujung telepon kepada media, Senin (22/4/2013).

Mujahid mengaku diri sebagai sosok di pihak Taliban. Menurut warta AP, dalam kontak telepon itu, Mujahid juga tak menceritakan komplet soal nasib korban.

Sementara, otoritas Azra mengatakan kalau sebuah helikopter mendarat darurat di situ. Tepatnya di daerah Darai Manga. "Taliban menangkap sembilan orang tersebut,"kata Gubernur Distrik Azra Hamidullah Hamid.

Lebih lanjut, Hamid mengatakan kalau delapan dari sembilan korban adalah warga Turki. Lalu, satu orang lagi berkebangsaan Afganistan. Para warga Turki itu adalah pekerja konstruksi yang bertolak dari Provinsi Khost menuju ibu kota Kabul.

Pihak pasukan asing di Afganistan pimpinan NATO juga mengaku telah mendapat informasi soal penculikan ini. "Kami mengetahui sebuah helikopter sipil mendarat darurat di Timur Afganistan,"begitu kata Juru Bicara Aliansi Kapten Luca Carniel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com