Kompas.com - 20/04/2013, 21:25 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah berlian biru langka berhasil ditemukan di sebuah tambang di Afrika Selatan. Batu sebesar 25,5 karat tersebut ditemukan Petra Diamonds di tambang Cullinan dan diperkirakan akan memberi keuntungan besar bagi perusahaan perhiasan tersebut.

Berlian biru ini diperkirakan senilai lebih dari 10 juta dolar AS atau sekitar Rp97,1 miliar. Penemuan ini mendorong harga saham Petra. Temuan serupa dalam beberapa tahun dari tambang Cullinan telah menaikkan harga saham Petra.

"Ini sangat tidak biasa untuk sebuah berlian dengan kualitas dan ukuran ini masuk ke pasar,'' kata juru bicara perusahaan Cathy Malins.

Penghasil berlian biru

Tambang Cullinan, terletak di timur laut Pretoria Afrika Selatan, selama ini dikenal sebagai tambang penghasil ratusan batuan berharga terutama berlian biru.

Sebelumnya berlian kasar sebesar 26,6 karat yang ditemukan di tempat yang sama pada Mei 2009 dipotong menjadi batu yang mendekati sempurna dan terjual dengan harga sedikit di bawah 10 juta dollar AS di lelang Sotheby's. Berlian itu diberi nama "Star of Josephine" oleh pemilik barunya.

Berlian biru lainnya yang ditemukan di Cullinan terjual dalam lelang dengan harga 10,8 juta dolar AS tahun lalu dan memecahkan rekor dunia untuk nilai per karat.

Tahun 1905, berlian biru "Star of Africa" - berlian potong terbesar kedua di dunia - juga ditemukan di tambang Cullinan. Berlian dengan bentuk buah pir sebesar 530 karat tersebut menjadi hadiah untuk Raja Edward VII dan menjadi koleksi permata mahkota Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.