Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Banyak Pengungsi Somalia Kembali

Kompas.com - 20/04/2013, 19:27 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) merilis data terbaru soal pengungsi Somalia. Menurut warta AP pada Sabtu (20/4/2013), sejak Januari 2013, ada lebih dari 14.353 orang pengungsi Somalia kembali dari Kenya. "Sejak awal April sampai kini tercatat 1.029 pengungsi yang kembali,"kata pernyataan UNHCR.

Data itu juga menunjukkan dari Ethiopia dan Saudi Arabia, jumlah pengungsi Somalia yang pulang ke kampung halaman mereka ada 1.879 orang sejak Januari 2013.

UNHCR juga mengatakan pihaknya menekankan priortias pangan, dukungan pembinaan mental, transportasi, kesehatan, dan akses air bersih menjadi poin-poin penting dalam proses pemulangan ini.

Masih menurut UNHCR, Somalia adalah negara terbesar ketiga dunia yang memunyai warga pengungsi setelah Afganistan dan Irak. Sepanjang 2013 ini, jumlah warga Somalia yang berstatus pengungsi di negara-negara lain ada 10.755 jiwa. "Mereka menjadi pengungsi lantaran berbagai masalah seperti perang, kekeringan, banjir, dan kondisi rawan pangan,"demikian UNHCR.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com