Kompas.com - 20/04/2013, 19:27 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) merilis data terbaru soal pengungsi Somalia. Menurut warta AP pada Sabtu (20/4/2013), sejak Januari 2013, ada lebih dari 14.353 orang pengungsi Somalia kembali dari Kenya. "Sejak awal April sampai kini tercatat 1.029 pengungsi yang kembali,"kata pernyataan UNHCR.

Data itu juga menunjukkan dari Ethiopia dan Saudi Arabia, jumlah pengungsi Somalia yang pulang ke kampung halaman mereka ada 1.879 orang sejak Januari 2013.

UNHCR juga mengatakan pihaknya menekankan priortias pangan, dukungan pembinaan mental, transportasi, kesehatan, dan akses air bersih menjadi poin-poin penting dalam proses pemulangan ini.

Masih menurut UNHCR, Somalia adalah negara terbesar ketiga dunia yang memunyai warga pengungsi setelah Afganistan dan Irak. Sepanjang 2013 ini, jumlah warga Somalia yang berstatus pengungsi di negara-negara lain ada 10.755 jiwa. "Mereka menjadi pengungsi lantaran berbagai masalah seperti perang, kekeringan, banjir, dan kondisi rawan pangan,"demikian UNHCR.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.