Kompas.com - 20/04/2013, 17:57 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Regu penolong korban gempa Sichuan malahan mengalami kecelakaan. Warta Xinhua pada Sabtu (20/4/2013) siang  menunjukkan sebuah kendaraan pengangkut militer mengalami kecelakaan di kawasan jurang. Kendaraan itu mengangkut 17 anggota tentara.

Saksi mata mengatakan pengemudi kehilangan kontrol lantaran terpaan angin kencang di jalan raya di Ya'an. Akibatnya, mobil  terjun ke sungai sedalam 20 meter dari bibir jalan. Kejadian sekitar pukul 12.40 waktu setempat. "Satu korban tewas dalam  kecelakaan itu,"tulis Xinhua.

Catatan dari Komando Militer Sichuan menyatakan dari 17 serdadu itu, 7 di antaranya terluka. Mereka dilarikan ke rumah sakit terdekat. "Yang lainnya tidak terluka,"katanya.

Sejak gempa bermagnitud 7,0 pada Sabtu pagi ini, militer China sudah mengerahkan 6.000 personelnya. Mereka bertugas membantu para korban gempa, termasuk mencari dan menyelamatkan (SAR).

Administrasi Gempa China mengatakan kawasan Provinsi Sichuan menjadi langgan gempa sejak 1900. Total ada 12 kali gempa  bermagnitud 5,0 ke atas yang melanda sekitar luasan 100 kilometer persegi di provinsi itu. Gempa terhebat di situ terjadi pada 2008. Waktu itu, magnitud gempa mencapai 8,0. Ada 87.000 orang dinyatakan tewas atau hilang dalam bencana alam tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.