Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Akan Memasang Patriot di Jordania

Kompas.com - 20/04/2013, 09:14 WIB

KAIRO, KOMPAS.com Amerika Serikat akan segera menempatkan sistem rudal antirudal Patriot di wilayah Jordania dekat perbatasan Suriah, menyusul terus memburuknya hubungan Suriah-Jordania saat ini.

Amerika Serikat (AS) memutuskan memindahkan rudal Patriot yang dipasang di Qatar dan Kuwait saat ini ke Jordania. Sistem rudal pertahanan itu sedang dalam proses pemindahan.

Harian berbahasa Arab, Asharq al-Awsat, edisi Jumat (19/4) mengungkapkan hal tersebut, seperti dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, dari Kairo, Mesir.

Rudal Patriot tersebut dirancang untuk menghadang rudal balistik Suriah jika Damaskus memutuskan menyerang Jordania.

Keputusan AS menempatkan rudal Patriot di Jordania merupakan hasil pembicaraan Presiden AS Barack Obama dan Raja Abdullah II, ketika Obama mengunjungi Jordania, 22 Maret.

Jordania juga sedang mempelajari opsi membentuk zona penyangga di Provinsi Deraa, Suriah selatan, untuk menghentikan arus pengungsi Suriah masuk ke negara itu. Kini, hampir 500.000 pengungsi Suriah ditampung di Jordania.

Menolak intervensi

Meski AS akan memasang perangkat keras militernya di Jordania, juru bicara Pemerintah Jordania, Muhammad al-Momani, menegaskan, sikap negaranya tak berubah, yaitu menolak intervensi militer asing di Suriah dan meminta solusi politik komprehensif untuk menghentikan pertumpahan darah.

Analis politik asal Jordania, Maher Abu Tir, seperti dikutip harian Al Hayat, mengungkapkan, Pemerintah Jordania kini semakin menyadari bahwa tidak menutup kemungkinan akan meletus perang regional jika krisis Suriah terus berlarut-larut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com