Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela Akan Audit Pemilu

Kompas.com - 20/04/2013, 04:38 WIB

Caracas, Jumat - Dewan Pemilu Nasional Venezuela akhirnya bersedia mengaudit 46 persen suara yang belum diperiksa pada malam pemilu. Namun, presiden terpilih Nicolas Maduro dari Partai Sosialis yang berkuasa tetap dijadwalkan untuk dilantik pada Jumat (19/4) waktu setempat.

”Kami berada di posisi di mana kami ingin berada,” kata kandidat oposisi, Henrique Capriles, setelah Dewan Pemilu Nasional (CNE) menyampaikan keputusan itu, Kamis malam.

Capriles sebelumnya menuntut penghitungan ulang penuh. Namun, dia akhirnya menerima keputusan CNE. Di sisi lain, keputusan CNE ini menandai perubahan sikap kubu Partai Sosialis, yang sehari sebelumnya berkeras tak setuju dengan audit penghitungan suara.

Maduro, yang jadi ahli waris almarhum Presiden Hugo Chavez, dijadwalkan dilantik pada Jumat siang di ibu kota Caracas. Hingga Kamis malam, dia masih berada di Lima, Peru, menghadiri pertemuan darurat pemimpin Amerika Selatan yang membicarakan krisis pemilu tersebut.

Dalam pertemuan di Lima itu, Maduro menerima dukungan para pemimpin kawasan. Para presiden dari Amerika Selatan itu pada Jumat dini hari mengeluarkan pernyataan yang antara lain berisi ”memberi selamat kepada Presiden Nicolas Maduro yang terpilih sebagai presiden”.

Kelompok di Lima itu ”mendesak semua pihak yang terlibat dalam proses pemilu untuk menghormati hasil resmi pemilu presiden”.

Menekan

Pertemuan darurat pemimpin Amerika Latin itu dimulai pada Kamis. Tidak jelas apakah para pemimpin yang hadir—seperti Presiden Brasil Dilma Rousseff yang memiliki pengaruh paling besar—telah menekan Maduro untuk menerima audit itu.

Maduro, dalam sebuah pesan Twitter, menyatakan, pertemuan di Lima itu merupakan suatu keberhasilan besar.

”Dukungan sepenuhnya untuk rakyat dan demokrasi Venezuela,” tutur Maduro. ”Terima kasih, Amerika Selatan! Saya menanti Anda di Caracas.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com