Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Terduga Pelaku Tak Dikenal di Chechnya

Kompas.com - 19/04/2013, 23:19 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Para pemimpin Chechnya menyatakan tidak memiliki kaitan apa pun dengan  kedua bersaudara Tamerlan dan Dzhokhar Tsarnaev yang menjadi terduga utama pelaku bom maraton Boston.

"Kami tidak mengenal mereka. Mereka tidak tinggal di Chechnya. Mereka tinggal dan belajar di Amerika. Apa yang terjadi di Amerika adalah kesalahan aparat keamanan Amerika," kata Ramzan Kadyrov, pemimpin negeri Kaukasus Utara itu kepada kantor berita RIA Novosti, Jumat (19/4/2013).

"Sudah menjadi hal biasa mengaitkan semua yang terjadi di dunia dengan Chechnya. Bahkan jika terjadi tsunami, Chechnya juga akan disalahkan," ujar sang pemimpin.

"Tapi tuduhan terhadap mereka belum terbukti. Mereka dibesarkan di Amerika dan inilah hasilnya," katanya lagi.

Dalam situs jejaring sosial berbahasa Rusia, Dzhokhar Tsarnaev (19) mengaku dia bisa berbahasa Chechen dan pernah bergabung dengan dua kelompok pejuang Chechen.

Paman kedua pemuda itu, yang juga tinggal di AS, mengatakan, kedua saudara itu memang beretnis Chechen, tetapi dilahirkan di negeri tetangga, Dagestan, tempat ayah mereka tinggal.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com