Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Orang Dikhawatirkan Tewas dalam Ledakan di Pabrik Pupuk

Kompas.com - 18/04/2013, 13:23 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com — Sebuah ledakan dahsyat di pabrik pupuk di kota kecil West di Texas, AS, Rabu (17/4/2013), dikhawatirkan menyebabkan puluhan orang tewas. Sejauh ini ledakan itu mengakibatkan sejumlah rumah rata dengan tanah dan mendorong evakuasi skala luas di komunitas berjumlah 2.600 orang di kota itu.

"Itu seperti sebuah ledakan bom nuklir," kata Wali Kota West, Tommy Muska, seperti dikutip CNN. "Awan seperti jamur besar membubung. Ada banyak orang yang terluka. Akan ada banyak orang yang tidak lagi berada di sini besok."

Para petugas pemadam khawatir bahwa jumlah korban tewas bisa mencapai 60 sampai 70 orang, kata Dr George Smith, direktur sistem manajemen darurat kota itu. "Itu adalah angka benar-benar kasar, saya mendapatkan angka dari para petugas pemadam kebakaran, kami belum tahu," katanya. "Kami tahu dua personel EMS (Emergency Management Services) yang pasti tewas, dan mungkin ada tiga petugas pemadam kebakaran meninggal."

Ledakan itu terjadi saat AS baru saja menghadapi ledakan bom mematikan yang melanda Maraton Boston, Senin. Ketegangan lain menyusul saat beberapa surat yang tampaknya mengandung racun risin yang mematikan dialamatkan untuk Presiden Barack Obama dan seorang senator AS. Kedua surat itu berhasil "dicegat" sebelum sampai kepada Obama dan senator itu.

Para petugas pemadam kebakaran yang menanggapi peristiwa ledakan itu juga terluka dalam ledakan susulan, demikian dilaporkan televisi CBS News yang mengutip radio lalu lintas para manajer penanganan bencana. "Ada ledakan di lokasi kebakaran, sejumlah petugas pemadam kebakaran ada lokasi saat itu," kata seorang petugas.

Ledakan di pabrik West Fertilizer itu terjadi pada Rabu sekitar pukul 20.00 waktu setempat (atau pada Kamis pukul 08.00 WIB), kata Wakil Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Waco, Don Yeager, kepada AFP melalui telepon. Penyebabnya belum diketahui, tetapi dia mengatakan itu merupakan ledakan gas amonia.

Pemadam kebakaran dari yurisdiksi terdekat bergegas ke tempat kejadian di West, di utara Waco. Ledakan itu begitu kuat sehingga merobohkan sejumlah bangunan di dekatnya, termasuk rumah jompo, dan membakar bangunan lain. "Ledakan itu telah membakar struktur yang berdekatan dengan pabrik," kata Yeager.

Jason Shelton, warga yang berada dekat lokasi ledakan, mengatakan, jendela dan pintu rumah bahkan tertiup oleh kekuatan ledakan itu. "Saya tinggal sekitar 300 meter dari tempat itu dan ledakan tersebut meniup pintu dan jendela belakang rumah saya. Rumah-rumah yang letaknya dekat dengan lokasi ledakan rata dengan tanah. Kami melihat orang yang terluka dan mungkin tewas."

Bill Bohannan, yang mengunjungi orangtuanya di West, tepat dekat pabrik, menyaksikan ledakan itu. "Ledakan itu mengguncang kami di dalam mobil... Semua rumah dalam jarak sekitar empat blok hancur," katanya kepada Waco Tribune-Herald.

Kristal Anthony kepada koran itu mengatakan bahwa sebuah panti jompo, kompleks apartemen, dan Sekolah Menengah West yang letaknya dekat ledakan juga terbakar. Anthony mengatakan, dia dan putrinya yang ada beberapa blok dari ledakan nyaris jatuh. "Kami telah memindahkan sejumlah pasien keluar dari rumah jompo itu serta membawa mereka ke lapangan sepak bola dan bangunan gimnastik di Davis Street," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com