Kompas.com - 17/04/2013, 15:34 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Para pekerja sosial, Rabu (17/4/2013), melanjutkan upaya untuk mencapai wilayah terpencil di pusat gempa Iran untuk membantu korban bencana yang terjadi pada Selasa.

Meski pusat gempa terjadi di Iran tenggara, kebanyakan korban tewas justru jatuh di seberang perbatasan, di wilayah kota Mashkail, Provinsi Baluchistan, Pakistan.

Sejumlah helikopter militer yang membawa bahan bantuan dan tim medis dikirim ke kawasan tersebut, sementara militer berupaya melakukan pemulihan pascabencana.

"Jumlah korban tewas sudah lebih dari 40 orang, termasuk perempuan dan anak-anak," kata Mayor Attiq Minhasof dari Korps Pasukan Perbatasan Pakistan, di Bandara Dalbandin, sekitar 250 km dari Mashkail.

Mayor Attiq mengatakan, 650 personelnya terlibat dalam operasi penyelamatan di kota Mashkail dan sejauh ini tim medisnya sudah merawat 23 orang yang terluka.

Gempa itu berpusat 80 kilometer dari kota Khash, Provinsi Sistan-Baluchistan, Iran. Gubernur provinsi itu mengatakan, 27 orang luka akibat gempa, tetapi tidak ada laporan soal kematian.

Getaran gempa ini juga dirasakan di Abu Dhabi, Dubai, Riyadh, Oman, Karachi, Islamabad, hingga New Delhi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.