Kompas.com - 17/04/2013, 13:40 WIB
EditorEgidius Patnistik

WANA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat tak berawak (drone) AS menembakkan dua rudal ke markas Taliban di Pakistan, Rabu (17/4). Tembakan rudal itu menghancurkan kompleks itu dan menewaskan sedikitnya lima orang militan, kata sejumlah pejabat setempat.

Serangan itu terjadi di wilayah Ghar Baber di distrik suku Waziristan Selatan di perbatasan Afganistan itu, yang merupakan basis militan yang punya hubungan dengan Taliban dan Al Qaeda. "Targetnya adalah sebuah markas Taliban Pakistan. Lima militan tewas dan dua lainnya luka-luka," kata seorang pejabat keamanan setempat kepada AFP.

Seorang pejabat lain di Wana, kota utama di Waziristan Selatan, mengonfirmasi serangan itu dan mengatakan kepada AFP bawah drone itu menyasar markas fasksi yang memayungi Taliban Pakistan, Tehreek-e-Taliban.

Serangan rahasia itu secara terbuka dikecam oleh pemerintah Pakistan sebagai pelanggaran kedaulatan. Namun para pejabat Amerika yakin bahwa drone merupakan senjata penting dalam perang melawan kaum militan.

Pelapor khusus PBB untuk masalah kontra-terorisme dan hak asasi manusia, Ben Emmerson, yang mengunjungi Islamabad sebagai bagian dari penyelidikan terhadap korban sipil yang disebabkan serangan pesawat tak berawak, mengatakan serangan pesawat tak berawak AS melanggar kedaulatan Pakistan.

Sementara menurut Biro Jurnalisme Investigatif Inggris, serangan drone CIA di Pakistan telah menewaskan 3.577 orang sejak tahun 2004. Sedikitnya 884 dari mereka merupakan warga sipil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.