Puluhan Orang Tewas di Iran

Kompas.com - 17/04/2013, 03:28 WIB
Editor

Teheran, Selasa - Gempa berkekuatan besar melanda wilayah perbatasan Iran dengan Pakistan, Selasa (16/4). Informasi sementara, seperti dilaporkan oleh televisi resmi negara tersebut, puluhan orang tewas dan ratusan orang terluka.

Stasiun televisi Iran, Press TV, menyebutkan, gempa bermagnitudo 7,5 itu melanda wilayah Iran di dekat perbatasan Pakistan. Laporan sementara menyebutkan, sedikitnya 46 orang tewas dan lebih dari 1.000 rumah rusak. Diperkirakan jumlah korban tewas akan terus bertambah.

Dilaporkan, guncangan gempa dirasakan hingga New Delhi, India, dan sejumlah kota di negara tetangga Iran di kawasan Teluk Persia, seperti Dubai dan Bahrain. Pusat seismologi Iran menyebutkan, pusat gempa berada di dekat kota Saravan, Provinsi Sistan dan Baluchistan, Iran tenggara, sekitar 48 kilometer dari perbatasan Pakistan.

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa terjadi pukul 15.14 waktu setempat di kedalaman 15,2 kilometer. USGS juga menyebutkan, kekuatan gempa itu lebih besar, yakni bermagnitudo 7,8.

Duta Besar RI untuk Iran Dian Wirengjurit menuturkan, getaran gempa tak terasa di Teheran.

Staf Bidang Sosial dan Budaya Kedutaan Besar RI di Teheran Iien Rohima, yang dikontak dari Kairo, Mesir, membenarkan bahwa gempa sama sekali tidak terasa di Teheran.

”Tidak terasa apa-apa. Tak ada peringatan apa pun dari pihak berwenang,” ujar Wirengjurit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Wirengjurit, lokasi pusat gempa di terletak sekitar 1.000 kilometer sebelah tenggara Teheran. ”Itu daerah terpencil, tandus, dan kering di dekat perbatasan dengan Pakistan. Penduduknya jarang,” ujarnya.

Gempa terbesar

Menurut seorang pejabat Pemerintah Iran, gempa tektonik itu merupakan yang terbesar dalam lima dekade terakhir. ”Itu gempa terbesar dalam 50 tahun. Bisa ratusan orang tewas,” kata pejabat yang tak mau menyebutkan namanya itu

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.