Kompas.com - 16/04/2013, 19:22 WIB
EditorTri Wahono

TEHERAN, KOMPAS.com — Hingga saat ini, tercatat setidaknya 40 orang tewas akibat gempa kuat yang mengguncang kota Saravan di Provinsi Sistan dan Baluchestan di Iran tenggara pada pukul 15.14 waktu setempat atau 17.44 WIB, Selasa (16/4/2013). Demikian laporan Press TV Iran.

Badan Seismologi Iran menyatakan, kekuatan gempa ialah 7,5 skala Richter (SR). Sementara itu, menurut United States Geological Survey (USGS), gempa tersebut bermagnitud 7,8. Pusat gempa pada kedalaman 82 kilometer.

Tidak hanya di Iran, gempa juga menyebabkan lima orang cedera di Provinsi Sindh dan Balochistan, barat daya Pakistan, akibat guncangan gempa. Demikian menurut stasiun TV lokal yang berbahasa Urdu, Geo.

Arif Mahmood, Direktur Jenderal Kantor Meteorologi Pakistan, mengatakan bahwa guncangan terasa pada sekitar pukul 15.44 waktu setempat di Karachi, Hyderabad; dan daerah yang berdekatan di Sindh dan Hub, Quetta; serta daerah yang bertetangga di Balochistan. Ia menyatakan, guncangan juga terasa selama 20 sampai 25 detik di negeri itu.

Ia menambahkan, gempa susulan diperkirakan bisa terasa dalam beberapa jam ke depan. Gempa tersebut mengguncang beberapa bangunan dan menimbulkan kepanikan di kalangan warga. Panel jendela di beberapa rumah dan bangunan juga pecah akibat guncangan dan melukai lima orang di berbagai daerah.

Gempa juga terasa sampai ke wilayah Timur Tengah lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.