Kompas.com - 16/04/2013, 13:55 WIB
EditorEgidius Patnistik

MIRANSHAH, KOMPAS.com - Taliban Pakistan, yang mengklaim merencanakan pemboman di Times Square, New York tahun 2010, Selasa (16/4), membantah punya hubungannya dengan ledakan bom yang menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 100 lainnya di Boston, AS.

"Kami yakin dalam menyerang AS dan sekutunya tapi kami tidak terlibat dalam serangan itu," kata juru bicara Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), Ehsanullah Ehsan, kepada AFP. "Kami tidak punya keterkaitan dengan pemboman itu tetapi kami akan terus menyasar mereka di mana pun itu," tambah Ihsan.

Ledakan di dekat garis finis Marathon Boston, salah satu acara top olahraga Amerika, hari Senin waktu setempat memaksa kota-kota di AS, dari New York hingga Los Angeles untuk berada dalam siaga tinggi. Orang-orang pun kembali mengingat peristiwa serangan 11 September 2001.

Sebuah video di internet yang konon berasal dari TTP mengaku bertanggung jawab atas upaya bom mobil di Times Square di New York pada 1 Mei 2010. Terkait upaya itu warga Amerika turunan Pakistan, Faisal Shahzad, dipenjara seumur hidup. Seorang juru bicara TTP kemudian membantah bahwa kelompok itu telah melatih atau merekrut Shahzad.

Shahzad mengatakan dalam persidangannya bahwa ia menerima pelatihan pembuatan bom selama tinggal 40 hari bersama Taliban Pakistan, tetapi sekembalinya ke Amerika Serikat ia merencakan pemboman dan bertindak sendirian.

Dia juga terlihat dalam video itu merangkul Hakimullah Mehsud, komandan TTP, yang telah bersumpah untuk menyerang kota-kota besar AS. TTP berbasis di daerah sabuk suku di Pakistan barat laut di perbatasan Afghanistan dan telah dipersalahkan atas sejumlah serangan bunuh diri yang paling mematikan di Pakistan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.