Kompas.com - 16/04/2013, 13:39 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

MELBOURNE, KOMPAS.com -- Sebuah jajak pendapat mengatakan bahwa Partai Wikileaks yang didirikan Julian Assange mendapatkan dukungan cukup banyak, namun kemungkinan belum cukup untuk membuat Assange terpilih sebagai anggota Senat Australia.

Menurut jajak yang dilakukan Fairfax-Nielsen, dukungan untuk Assange dan Partai Wikileaks paling tinggi di negara bagian Victoria, dimana 22 persen orang yang mengatakan mengetahui Assange akan memberikan suara untuknya. Ini berarti sekitar 15 persen penduduk negara bagian tersebut.

Koresponden Kompas di Australia L Sastra Wijaya melaporkan, dalam pemilihan senat, seorang calon hanya memerlukan suara 14 persen untuk bisa terpilih, sehingga Assange akan memenangkan kursi di Victoria, namun itu hanya terjadi bila semua pemilih yang akan memilih dia, betul-betul memberikan suaranya. Menurut laporan smh.com.au, Assange akan memperebutkan kursi Senat di Victoria dalam pemilihan umum 14 September, namun dia tidak bisa melakukan kampanye karena masih bertahan di kedutaan Ekuador di London.

Pendiri Wikileaks ini mendapatkan suaka politik dari Ekuador setelah bandingnya di London agar tidak dikirim ke Swedia guna menghadapi dakwaan seksual ditolak oleh pengadilan tinggi Inggris.

Dua ahli jajak pendapat Australia mengatakan peluang partai Wikileaks untuk mendapatkan kursi Senat "sangat kecil". "Dari jumlah suara ini kelihatannya pencalonan Assange cukup populer, namun dari angka itu, saya masih sangat meragukan dia akan menang." kata John Stirton dari Nielsen. "Dari jumlahnya sudah mencukupi, namun setiap orang harus memberikan suaranya dan saya kira kemungkinan tersebut kecil sekali."

Pakar pemilu dari ABC Antony Green mengatakan, Assange punya peluang, dan hanya mungkin terpilih bila "semua partai kecil lain memberikan pilihannya untuk Assange". "Peluang Assange untuk menang dari pilihan pertama hampir nol." kata Green.

Menurutnya, Partai Wikileaks kemungkinan akan mendapatkan 3 persen suara secara nasional, dan mungkin 4 persen di Victoria. Ideologi Partai Wikileaks adalah memperjuangkan "kebenaran dan kebebasan arus informasi".

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memenangkan kursi Senat, Assange harus bisa mencuri suara dari partai-partai berhaluan kiri, padahal di Victoria, dukungan terhadap partai Buruh dan partai Hijau sangat tinggi.

Menurut jajak tersebut, dukungan kedua tertinggi bagi Assange dan Wikileaks adalah di negara bagian New South Wales, dimana 14 persen penduduk di sana mengatakan akan mempertimbangkan untuk memilih mereka, dan paling rendah adalah di ibukota Canberra, dengan hanya mendapatkan dukungan 5 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X