Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Resah, Korut Gelar Lomba Maraton

Kompas.com - 15/04/2013, 16:47 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Di saat dunia, terutama Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang, tengah mewaspadai peluncuran rudal Korea Utara, ternyata negeri komunis itu malah "berpesta" merayakan ulang tahun ke-101 Kim Il Sung yang jatuh pada Senin (15/4/2013).

Salah satu acara yang memeriahkan hari besar Korea Utara ini adalah lomba lari maraton tahunan, Mangyongdae ke-26, yang digelar pada Minggu (14/4/2013).

Kantor berita Korea Utara, KCNA, melaporkan, sejumlah pelari asing seperti dari Ukraina, Ceko, Zimbabwe, Kenya, dan Etiopia ikut memeriahkan lomba bersama 600 pelari Korea Utara.

"Saya kira antusiasme peserta lomba sangat tinggi di antara warga lokal," kata Menteri Olahraga Korea Utara Ham Chang Hyok kepada KCNA.

Meski digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun Kim Il Sung, tidak diketahui apakah cucunya sekaligus pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong Un, akan hadir dalam perhelatan tersebut.

Kim Jong Un diketahui sangat menggemari olahraga bola basket. Dia bahkan sempat mengundang mantan bintang klub Chicago Bulls, Dennis Rodman, berkunjung ke Pyongyang belum lama ini.

Selain lomba maraton, peringatan hari ulang tahun Kim Il Sung biasanya juga diwarnai parade militer besar-besaran di pusat kota.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com