Abbas Setuju Fayyad Mundur

Kompas.com - 15/04/2013, 02:40 WIB
Editor

Ramallah, Minggu - Rumor konflik antara Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad dan Presiden Mahmoud Abbas terjawab. Abbas menyetujui pengunduran diri Fayyad, Sabtu (13/4), setelah Fayyad mengajukan pengunduran diri dari jabatan yang diembannya sejak tahun 2007.

Meski demikian, Abbas meminta Fayyad terus memangku jabatannya sementara waktu sampai pemerintahan baru terbentuk. Adapun Amerika Serikat berusaha keras agar Fayyad bertahan dan tidak meninggalkan posisinya sebagai PM.

Berbagai rumor menyebutkan, Fayyad mengundurkan diri atau dipaksa mundur oleh Abbas. Pemicunya adalah perbedaan pandangan keduanya atas portofolio keuangan. Isu Fayyad akan mundur beredar luas setelah Dewan Revolusioner Fatah untuk pertama kalinya secara terbuka mengkritik kebijakan ekonominya.

Abbas menunjuk Fayyad sebagai PM Palestina pada 2007 untuk menggantikan tokoh Hamas, Ismail Haniya. Hal ini dilakukan setelah Hamas menguasai Jalur Gaza.

Pujian dan kritik

Fayyad meraih pengakuan internasional yang luas bagi pembangunan Palestina. Dia dipuji karena menggunakan ratusan juta dollar AS donasi internasional untuk membangun infrastruktur dasar, seperti jalan, sekolah, dan sarana kesehatan di Tepi Barat.

Fayyad, politisi independen, menjadi bulan-bulanan kritik internal karena Otoritas Palestina menghadapi krisis keuangan terburuk. Kritikan paling tajam datang dari gerakan Fatah yang berkuasa, bulan lalu. Fatah terang-terangan menuding kebijakan ekonomi Fayyad tidak efektif meredam krisis itu.

Fayyad dan Abbas berbeda pendapat tajam atas kebijakan keuangan, ekonomi, dan kekuasaan PM. Pengunduran diri doktor ekonomi lulusan Universitas Texas, Austin, AS, ini terjadi beberapa hari setelah Washington memberi dorongan baru untuk memulai lagi dialog damai dengan Israel yang lama macet.

Abbas menerima surat pengunduran diri Fayyad setelah pertemuan singkat di markas presiden Muqataa di Ramallah, Tepi Barat. Beberapa pejabat menjelaskan, meski langsung menyetujui langkah Fayyad, Abbas juga meminta ahli ekonomi berusia 61 tahun itu melaksanakan sementara tugas PM.

”PM Fayyad telah bertemu dengan Presiden Abbas selama setengah jam. Dia telah resmi mengajukan pengunduran diri tertulis,” kata seorang pejabat Palestina. ”Abbas setuju untuk menerima pengunduran diri Fayyad,” kata seorang pejabat Palestina dan kantor berita Palestina, Wafa.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.