Kompas.com - 14/04/2013, 09:01 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com - Menjadi orang nomor satu di sebuah negara, ternyata tak menjadi jaminan memiliki pendapatan yang paling besar. Setidaknya itulah yang diakui Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sesuai dengan undang-undang baru Rusia, maka sejak 2012 para pejabat negeri Beruang Merah wajib mendeklarasikan penghasilan mereka.

Nah, Putin mengaku tahun lalu dia memperoleh pendapatan 119.000poundsterling atau sekitar Rp 1,7 miliar. Pendapatan Putin sebagai presiden ternyata kalah dibandingkan juru bicaranya, Dmitry Peskov. Pendapatan sang jubir tahun lalu mencapai 233.000 poundsterling atau sekitar Rp 3,4 miliar.

Deklarasi pendapatan bagi pejabat pemerintah ini menjadi kewajiban setelah pendapatan Deputi PM Igor Shuvalov dianggap mencengangkan untuk ukuran seorang pejabat publik.

Shuvalov, salah seorang pakar ekonomi Rusia, memiliki pendapatan terbesar di antara para pejabat negeri itu. Dia dan keluarganya memiliki kekayaan 9,4 juta dollar AS atau lebih dari Rp 140 miliar.

Juru bicara Shuvalov mengatakan para pejabat Rusia kini mulai menarik simpanannya di luar negeri kembali ke Rusia. Keputusan ini dipicu aturan baru yang melarang pejabat publik membuka rekening bank dan menyimpan aset di luar negeri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.