Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Penikmat Kuliner Serbu Senayan

Kompas.com - 13/04/2013, 21:31 WIB
Tri Agung Kristanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ribuan penikmat kuliner Nusantara sejak Sabtu (13/4/2013) pagi hingga malam ini menyerbu kawasan parkir Barat Gelanggang Olahraga Bung Karno, Senayan, Jakarta, untuk menikmati aneka jajanan Nusantara. Tak kurang dari 42 makanan khas dari berbagai daerah disajikan dalam Festival Jajanan Bango di Jakarta itu.

Dalam festival itu, setidaknya ada 10 makanan yang masuk dalam kategori legenda kuliner Nusantara, versi PT Unilever Indonesia Tbk sebagai produsen kecap cap Bango, yang ditampilkan dan bisa dinikmati pecinta kuliner di negeri ini.

Sepuluh legenda kuliner itu adalah nasi goreng kambing kebon sirih (Jakarta), nasi pindang pak ndut (Semarang), mie aceh sabang (Aceh), sate jamur cak oney (Yogyakarta), oseng-oseng mercon bu narti (Yogyakarta), sate klatak mak adi (Yogyakarta), lontong balap pak gendut (Surabaya), tengkleng klewer ibu edi (Solo), mie koclok mas edy (Cirebon), dan tahu tek telor cak kahar (Surabaya).

Dalam festival jajanan itu juga ditampilkan makanan "nasi kepal" yang dikembangkan pasangan artis Cynthia Lamusu dan Surya Saputra melalui Dapur Mama Thia. Ikon kuliner Nusantara, Bondan Winarno, pun hadir untuk terus mendorong masyarakat mencintai warisan kuliner Nusantara yang beragam jenisnya.

Senior Brand Manager Bango, Marieska Widhiana menjelaskan, Festival Jajanan Bango di Jakarta merupakan rangkaian dari festival serupa di empat kota sebelumnya tahun 2013 ini. Festival Jajan Bango 2013 sebelumnya diadakan di Bandung, yang dihadiri sekitar 32.000 pengunjung. Di Surabaya, festival ini dihadiri tak kurang dari 58.000 penikmat kuliner. Festival di Malang, sekitar 85.000 pengunjung mengikuti festival itu.

"Selama ini paling banyak penikmat kuliner yang datang ke Festival Jajanan Bango 2013 adalah di Semarang. Di kota ini tak kurang dari 108.000 pecinta kuliner mendatangi festival ini," ungkap Marieska.

Festival di Jakarta diharapkan dihadiri penikmat kuliner lebih banyak lagi dibandingkan di Semarang. Selain bisa menikmati berbagai makanan khas, pengunjung Festival Jajanan Bango 2013 di Jakarta juga mendapatkan resep legenda kuliner dari Chef Deden di Dapur Bango dan hiburan dari The Dance Company.

Kelompok musik itu digawangi Ariyo Wahab, Pongky Barata, dan Nugie. Mereka tampil Sabtu malam ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com