Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Serang Pos Militer Afganistan, 13 Tewas

Kompas.com - 12/04/2013, 19:58 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Sedikitnya 100 anggota Taliban bersenjata lengkap menyerbu sebuah pos militer di distrik Nari, Provinsi Kunar, dekat perbatasan Pakistan, (Jumat 13/4/2013). Serangan itu menewaskan 13 orang tentara Afganistan.

Pasukan Taliban itu bersenjatakan  senapan mesin dan roket peluncur granat, menyerang pos militer itu dari tiga jurusan pada dini hari.

"Para penyerang menggunakan senjata berat," kata seorang perwira polisi distrik Nari, yang tak ingin disebutkan namanya.

"Kami menemukan 13 jasad tentara kami dan pos militer itu hampir seluruhnya hancur," tambah dia.

Pasukan Taliban akhirnya bisa dipukul mundur setelah bantuan militer dan polisi Afganistan tiba di lokasi serangan.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Afganistan, Jenderal Mohammad Zaher Azimi membenarkan serangan di distrik Nari itu. Namun, dia tidak menyebutkan jumlah korban tewas.

"Kami masih dalam proses pengumpulan informasi," kata Azimi.

Sementara itu, juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengaku pihaknya bertanggung jawab atas serangan tersebut. Dia juga menambahkan semua senjata dan amunisi di pos militer itu berhasil direbut.

Perbatasan antara Afganistan dan Pakistan menjadi medan perang antara pasukan pemerintah dan militan Taliban. Banyak dari anggota Taliban bersembunyi di wilayah Pakistan dan meluncurkan serangan terhadap pasukan Afganistan dan pasukan AS dari wilayah Pakistan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com