Kompas.com - 12/04/2013, 18:44 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, Jumat (12/4/2013), mengecam rangkaian retorika Korea Utara yang tak bisa diterima. Pernyataan itu disampaikan Kerry dalam kunjungannya di Korea Selatan.

Dalam jumpa pers, Kerry mengatakan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un membuat kesalahan besar jika dia benar-benar melakukan peluncuran misilnya dalam waktu dekat ini.

Kerry mengatakan, jika Kim Jong Un tetap meluncurkan misil maka dia mengabaikan suara dunia internasional dan akan membuat Korea Utara semakin terisolasi.

Selain mengecam Korea Utara, dalam kunjungannya ini Kerry melontarkan pujiannya terhadap Presiden Korea Selatan Park Geun-hye yang terpilih di saat ketegangan Semenanjung Korea meningkat.

"Presiden Park terpilih dengan pandangan berbeda tentang perdamaian, dan kami menghormati itu," ujar Kerry.

"Kami siap bekerja dengan kemungkinan hubungan Utara dan Selatan membaik dengan cepat," lanjut Kerry.

John Kerry, yang melakukan perjalanan pertamanya ke Asia sebagai menteri luar negeri, sebelumya sudah melakukan pembicaraan dengan Presiden Park, yang dalam beberapa hari terakhir membuat sejumlah pernyataan termasuk menawarkan dialog kepada Pyongyang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.